Senin, 31 Januari 2011

FUEL OIL TREATMENT

FUEL OIL TREATMENT
Campuran bahan bakar, tidak menimbulkan korosi, endapan-endapan, asap yang kotor. Meningkatkan BTU dan menghemat bahan bakar.
CEYBER  562

URAIAN
·      MENAMBAH EFISIENSI DAPUR API
·      MENGURANGI BIAYA PEMAKAIAN MINYAK
·      MENGURANGI BIAYA PEMELIHARAN      

BAHAN BAKAR MINYAK:
Seperti kita ketahui bersama, bahan bakar minyak terdiri dari beberapa jenis diantaranya: RESIDU, MDF, IDO, SOLAR, dan MINYAK TANAH, baik dipakai sendiri maupun gabungan atau campuran.
Dipakai sebagai bahan bakar untuk peralatan Genset, Boiler, burner dan lain-lain. Di mana SOLAR & IDO termasuk persenyawaan Homogen, sedangkan RESIDU & MDF termasuk persenyawaan Heterogen (RESIDU = HEAVY FUEL OIL). Di mana banyak terkandung zat padat dan semi padat dari persenyawaan Asphalt yang berbentuk kollid. Juga kita ketahui bahwa BBM masih mengandung kadar air, yang ada pada saat penyimpanan dan saat transport maupun sudah ada sejak permulaan. Bila minyak yang mengandung air dibakar pada temperatur tinggi, seperti pada mesin turbin maka dapat menyebabkan korosi dan endapan pada saluran pipa atau di exhause atau di kipas turbin yang menyebabkan turunnya efisiensi dan umur mesin. Karena sifat, emulsinya minyak dan air menyebabkan pembakar (COMBUSTION) tidak sempurna dalam mesin diesel, boiler, burner dan menyebabkan korosi di klep atau valve di mana klep tak dapat tertutup secara sempurna dan steam / gas yang dihasilkan bocor melalui klep-klep yang telah bocor tersebut dan menyebabkan deposit yang keras di sela-selanya sehingga kompresi/tekanan menurun dan operasinya mesin tidak normal. Dan mau atau tidak, mesin harus di Overhaul dan diperbaiki, agar tidak kebocoran efisiensi baik BBM maupun hasil STEAM/GAS.
KOTORAN BBM BERBAHAYA:
Dapat menimbulkan keausan dan kebocoran pada injection pump/nozzle, pompa-pompa, piston, klep dan dinding metal, juga menyebabkan terjadinya karbon dan penurunan kompresi, sehingga proses pemindahan panas tidak sempurna.
MENGAPA MEMAKAI ADDITIVE UNTUK MINYAK RESIDU ?
Kelas minyak yang secara umum dikenal sebagai minyak “Residu” (“Bunker” Fuel) diproduksi dari minyak mentah “dasar barrel”. Minyak jenis ini mengandung bahan sisa (residu) yang secara ekonomis tidak dapat dipulihkan melalui prosedur distilasi atau cracking. Bahan-bahan sisa (residuals) ini mengandung konsentrasi tinggi aspal, campuran-campuran belerang, molekul-molekul pembentuk damar (resin) dan penghasil-penghasil abu yang tidak mudah menyala.


T
E
C
H
N
I
C
A
L

D
A
T
A






Kandungan-kandungan tersebut biasanya hanya cukup melekat walaupun pada beberapa kasus dicampurkan sedikit minyak tanah sulingan untuk mengurangi viskositasnya. Terdapatnya bahan-bahan sisa itulah yang menyebabkan pemakaian minyak residu (Bunker Fuels) suatu masalah tersendiri. Takaran additive yang optimal untuk minyak residu (bunker fuel) karenanya sangat berbeda dari yang diperlukan untuk bahan bakar minyak lainnya. Aspal, dammar, belerang, dan pembentuk-pembentuk abu semuanya berperan serta dalam pembentukan jelaga kental dan deposit-deposit jenis karbon yang sulit dibersihkan.
Aspal dan damar juga menyebabkan pembentukan lumpur dalam tangki dan pengotoran saluran pipa, layer, filter, katup, dan komponen-komponen seluruh system bahan bakar lainnya. Sementara air selalu menimbulkan masalah korosi bagi sistem saluran bahan bakar, kehadiran belerang (dan pembentukan asam lainnya) sangat menambah masalah ini.
BAGAIMANA CEYBER 562 FUEL OIL TREATMENT ADDITIVE MEMECAHKAN PERMASALAHAN?
Ceyber 562 memberikan keuntungan kepada pemakai dengan cara menangani ke empat kelas utama dari bahan-bahan tercela yang terdapat dalam minyak residu. Ini dilaksanakan oleh kombinasi yang unik dari catalyst pembakaran (combustion catalyst), zat pelarut (dispersant), zat pembersih asam dan zat anti korosi. Zat pelarut (dispersant) melarutkan dan mengikat aspal dan damar sampai ke brander, sementara catalyst pembakaran (combustion catalyst) membantu dalam pembakaran aspal dan damar tersebut tanpa menimbulkan asap hitam dan jelaga. Dengan cara yang sama, zat anti korosi dan zat pembersih asam mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh campuran belerang, sebelum dan sesudah pemakaian.
KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN:
Para pamakai melaporkan keuntungan-keuntungan yang mereka peroleh dari pemakaian Ceyber 562 sebagai berikut:

     1.  Meningkatkan efisiensi dapur pembakaran (furnace) dan boiler dengan memperoleh panas lebih banyak dari jumlah penggunaan bahan bakar minyak yang sama, jadi pemakaian bahan bakar lebih hemat.
     2.  Meningkatkan fleksibilitas dapur pembakaran dan boiler dalam operasinya dengan kemungkinan pemakaian bahan bakar yang lebih rendah tingkatannya, sebab proses Atominasi (pengabutan) lebih sempurna, sehingga mengurangi biaya operasi.
     3.  Meningkatkan % CO2.
      4.  Menurunkan biaya pemeliharaan tangki, pipa penyalur, brander, ruang pembakaran dan cerobong sebab mencegah terjadinya Karbon dalam ruang pembakaran.
     5.  Mengurangi asap yang mengganggu dan kerak dalam cerobong.
     6.  Memelihara kebersihan tangki sebab mencegah terjadinya endapan dalam tangki, saluran, layer dan filter serta kelancaran aliran bahan bakar dengan cara melarutkan campuran-campuran yang sulit dilarutkan
    7.  Mengurangi korosi pada tangki dan saluran yang disebabkan campuran-campuran              asam dan cairan yang mengental dalam bahan bakar.







PENGGUNAAN
Pada penggunaan Ceyber 562 untuk pertama kali dalam dapur api atau boiler, beberapa hambatan dari filter-filter panas dan dingin dapat terjadi karena deposit lumpur yang lama dilepaskan kembali dan bergerak melalui sistem saluran bahan bakar. Dianjurkan untuk memeriksa filter-filter setiap harinya selama beberapa minggu pertama untuk mencegah kekurangan aliran bahan bakar.



CARA PEMAKAIAN
Ceyber 562 sebaiknya dituangkan ke dalam tangki bersamaan dengan pengisian bahan bakar ke dalam tangki. Jangan menuangkan setelah pengisian bahan bakar.

PENTING
BAGAIMANA CARA PEMAKAIAN CEYBER 562 FUEL OIL TREATMENT:

B.B.M. = RESIDU                                                                                                    
          - Bulan pertama    = 1 : 500        - Lakukan Test.
          - Bulan kedua       = 1 : 1000      - Lakukan Test.
          - Bulan ketiga       = 1 : 1500      - Lakukan Test.
B.B.M. = IDO / LIGHT OIL / MDF.                                                                       
          - Bulan pertama    = 1 : 1500      - Lakukan Test.
          - Bulan kedua       = 1 : 2000      - Lakukan Test.
          - Bulan ketiga       = 1 : 2500      - Lakukan Test.
B.B.M. = SOLAR / MINYAK TANAH                                                                    
          - Bulan pertama    = 1 : 2000      - Lakukan Test.
          - Bulan kedua       = 1 : 3000      - Lakukan Test.
          - Bulan ketiga       = 1 : 4000      - Lakukan Test.
          - Bulan keempat    = 1 : 5000      - Lakukan Test.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar